Sabtu, 30 November 2013

Pendahuluan

Diposting oleh desty anjar di Sabtu, November 30, 2013
Kerangka Tulisan Ilmiah
Penulisan ilmiah adalah laporan tertulis yang disusun berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan seseorang menggunakan kaidah dan metode keilmuan yang berlaku. Untuk memulai menulis sebuah penulisan ilmiah seorang penulis terlebih dahulu harus menyusun sebuah kerangka tulisan. Kerangka tulisan ilmiah adalah panduan penulisan yang dibuat untuk mempermudah penulis dalam menjelaskan alur masalah yang akan ditulisnya. Kerangka tulisan ilmiah terdiri sari judul, lembar pengesahan, abstrak, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, landasan teori, pembahasan, penutup, daftar pustaka dan lampiran.

1.     PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang Masalah
Umroh merupakan ibadah yang ditunjukan bagi umat islam yang mampu menjalanjannya. Umroh menurut bahasa berarti az-ziyarah, yaitu berkunjung atau mendatangi suatu tempat atau seseorang. Sedangkan umroh menurut istilah didefinisikan sebagai tawaf disekeliling Baitullah dan sai antara Safa dan Marwah dengan berihram atau mendatangi Kabah untuk melaksanakan ritual ibadah, yaitu tawaf dan sai.
Ibadah umroh sering disebut sebagai ibadah haji kecil. Perbedaannya dengan ibadah haji adalah kegiatan umroh tidak tergantung waktu untuk melaksanakannya. Umroh bisa dilakukan kapan saja, sedangkan haji dilakukan hanya ketika bulan Dzulhijah atau bulan haji saja. Perbedaan lainnya terdapat pada rukunnya, rukun haji berbeda dengan rukun umroh.
Dalam menunaikan ibadah umroh, tentunya tidak ada yang mau ibadahnya sia-sia. Maka dari itu sebelum berangkat umroh diharapkan mengetahui rukun-rukun, bacaan dan apa saja yang tidak diperbolehkan selama ibadah umroh.
Berdasarkan dari hal tersebut di atas, maka pembuatan “Tata Cara Ibadah Umroh Berbasis Android” diharapkan dapat membantu pemakai menjalankan ibadah umroh dengan benar. Aplikasi ini juga mampu memberikan informasi tantang tata cara dan bacaan ibadag umroh bagi pengguna yang ingin belajar dan mengetahui hal mengenai ibadah umroh.

1.2.      Batasan Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini penulis membatasi mengenai pembuatan aplikasi ibadah umroh yang berfungsi untuk memberikan informasi kepada pemakai mengenai rukun-rukun, syarat-syarat, dan juga bacaan-bacaan umroh. Aplikasi dibuat dengan menggunakan Java sebagai bahasa pemrogramannya dan Eclipse Juno sebagai aplikasi perancangnya.

1.3.      Tujuan Penulisan
Tujuan penulis adalah untuk membantu pemakai dalam memahami akan tata cara ibadah umroh, sehingga pemakai dapat melaksanakan ibadah umroh dengan benar sesuai dengan aturan dan rukunnya.

1.4.      Metode Penelitian
Metode penulisan ilmiah yang penulis pakai antara lain :
1.      Studi Pustaka, yaitu dengan membaca buku-buku yang bersifat teoritis dengan mempelajari dan memahami tata cara ibadah umroh serta tutorial tentang pemrograman Java Android dan tutorial pembuatan aplikasi android.
2.      Wawancara, yaitu penulis mewawancari narasumber yang sudah menjalani dan memahami secara pasti tentang ibadah umroh.
3.      Uji coba dan implementasi, pada tahap ini aplikasi yang telah dibuat diuji coba pada emulator dan diimplementasikan pada perangkat ponsel cerdas yang menggunakan operasi android seperti: Sony Xperia L.
4.      Evaluasi, pada tahapan terakhir ini penulis melakukan evaluasi serta memperbaiki isi aplikasi.

1.5.      Sistematika Penulisan
Sidtematika penulisan terdapat empat bab yang membahas masalah secara singkat tanpa mengabaikan keterhubungan antara bab yang satu dengan bab selanjutnya, adapun sistematika penulisan terdiri dari :


         BAB I       : PENDAHULUAN
                             Tentang latar belakang masalah, batsan masalah, tujuan penelitian dan sistematika penulisan.
         BAB II      : LANDASAN TEORI
                            Menjelaskan teori-teori yang berhubungan dengan pembatan aplikasi.
        BAB III    : ANALISA PEMBAHASAN
                            Menjelaskan tata cara pembuatan aplikasi umroh dengan menggunakan Eclipse.
        BAB IV      : KESIMPULAN DAN SARAN
                             Merupakan ringkasan dari Penulisan Ilmiah yang meliputi kesimpulan dan saran.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DESNDESTY Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea