Minggu, 26 Juli 2015

Gadget Pemblokir SMS

Diposting oleh desty anjar di Minggu, Juli 26, 2015
Australia kemungkinan akan menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan gadget baru yang berfungsi memblokir SMS saat penggunanya sedang mengemudi.
Penemu alat itu bernama Scott Tibbitts, seorang pengusaha teknologi asal Colorado, Amerika Serikat. Namun ia berada di Australia untuk menjajaki penjualan produknya itu melalui kerjasama dengan perusahaan telekomunikasi dan asuransi.
Tibbitts mengaku menciptakan gadget ini setelah seorang yang sedianya melakukan rapat dengannya di tahun 2008, tidak jadi datang ke pertemuan karena tewas tertabrak oleh seseorang pengemudi mobil yang mengemudi sambil SMS-an.
"Dari kejadian itu saya berpikir apa solusinya," kata Tibbitts kepada ABC baru-baru ini.
Tibbitts yang mengaku pernah membuat salah satu komponen untuk pesawat ruang angkasa NASA, saat ini sedang menegosiasi gadget ciptaannya untuk bisa dipasarkan di Australia.
Ukuran gadget itu seperti kotak kecil yang berfungsi menghubungkan mobil dengan internet. Ia bisa diatur untuk memblokir semua akses ke telepon genggam termasuk SMS.
Alat ini bisa mengatur apa yang bisa diterima atau tidak bisa diterima oleh HP milik pengemudi saat sedang mengemudi.
Misalnya, SMS dan panggilan telepon bisa diblokir, namun GPS tetap berfungsi. Begitu pengemudi mematikan mesin mobil, semua pesan otomatis muncul di HP.
Uniknya lagi, HP milik penumpang lainnya sama sekali tidak terpengaruh.
Sebenarnya sejauh ini otoritas pengelola jalan raya di Melbourne, VicRoads, telah mengampanyekan perlunya pengemudi mengatur HP mereka saat mengemudi.
Misalnya dengan menggunakan berbagai aplikasi HP yang bisa mematikan fungsi SMS. Aplikasi milik VicRoads itu telah diunduh sekitar 8.500 pengguna sejak diluncurkan tahun 2013.
Namun bedanya dengan gadget ciptaan Tibbitts, aplikasi HP itu harus setiap kali diaktifkan dan dimatikan. Selain itu, biasanya cepat menghabiskan baterai HP.

SOURCE: http://trendtek.republika.co.id/berita/trendtek/gadget/15/07/02/nqu7j3-gadget-yang-bisa-blokir-sms-saat-mengemudi-dipasarkan-di-australia

0 komentar:

Posting Komentar

 

DESNDESTY Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea