Selasa, 27 November 2012

Windows 8 Untuk Tunanetra ??

Diposting oleh desty anjar di Selasa, November 27, 2012

Yuhhuuu, siapa sih yang tidak menanti – nanti kan OS terbaru besutan Microsoft, Windows 8? Tidak hanya kita yang memiliki penglihatan yang sempurna saja tetapi mereka yang menyandang tunanetra pun juga antusias akan hadirnya OS terbaru ini. Pasalnya apakah OS terbaru ini akan mudah dioperasionalkan tanpa penglihatan yang sempurna? Karena bagaimanapun tidak hanya yang berpenglihatan sempurna saja yang menggunakan komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Oleh karena itu mereka wajib beradaptasi dengan sistem informasi yang selalu hadir dengan versi terbarunya.
Kabar gemira, karena kini Microsoft sangat memperhatikan para penyandang kebutuhan khusus salah satunya penyandang tunanetra, yang membahagiakan aplikasi bantu yang tersedia sekarang tidak lagi seperti versi OS terdahulu yang hanya ada seadanya. Sekarang aplikasi yang diberikan Microsoft lebih fungsional dalam membantu mengoperasikan komputer.
Salah satu aplikasi yang disediakan Windows 8 adalah Screen Reader (Pembaca Layar). Ini adalah aplikasi yang mampu mengubah teks atau tampilan menjadi keluaran suara, sehingga penyandang tunanetra dapat mengetahui informasi yang ditampilkan di layar monitor.
1.      Narrator
Narrator adalah aplikasi Screen Reader bawaan dari Windows yang sudah ada sejak zaman Windows XP yang fungsinya hanya membacakan menu atau teks sederhana pada windows. Sekarang Microsoft meningkatkan kemampuan Narrator yang dapat digunakan untuk melakukan navigasi antar muka pada Windows 8. Yang terpenting aplikasi ini memungkinkan untuk berselancar dunia maya menggunakan  browser bawaan Microsoft.
Bagi tunanetra yang ingin menggunakan Windows 8 pada tabletnya, Narrator mampu membacakan objek yang disentuhkan dengan jari. Untuk mengaktifkan Narrator pengguna cukup menekan tombol shortcut pada layar sign in, tekan WIN + U. Pada Desktop, tekan WIN + ENTER, sedangkan jika ingin mengaktifkan pada tablet, cukup menekan WIN + Volume up (tombol untuk menaikkan volume). Jika Narrator telah diaktifkan tekan Caps Lock + F1 untuk memunculkan menu bantuan, dalam menu ini berisi tutorial lengkap menggunakan Narrator. Untuk keluar dari aplikasi tekan Caps Lock + ESC.

2.      Pembaca Layar Pihak Ketiga
Selain Narrator yang sudah cukup mengakomodasikan semua kebutuhan tunanetra, masih beberapa aplikasi yang disediakan agar dapat mengeksplor windows 8 dengan lebih baik, diantaranya:
a.       Non Visual Desktop Access (www.nvda-project.org)
NVDA adalah Screen Reader yang sudah mendukung Windows 8, meski gratis tapi kemampuannya menangani elemen visual dalam Windows 8 sudah cukup baik.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Meskipun NVDA yang mendukung Windows 8 baru dalam tahap beta (versi 2012-3), namun penulis sudah dapat menggunakan untuk aktivitas dasr dalam computer seperti bernavigasi, copas file dan sebagainya.

b.      Jaws for Windows (www.freedomscientific.com)
Screen Reader komersial yang paling popular digunakan oleh tunanetra. Jaws adalah satu – satunya Screen Reader yang sudah di support Windows 8, yang diliris dalam full version (v14.0.918). Jaws lebih unggul dari segi fasilitas dan fungsi dibandingkan yang lain dikarenakan komersial. Aplikasi ini juga dapat menangani tampilan kotak – kotak yang jadi cirri khas start screen Windows 8. Jadi penyandang tunanetra dapat menelusuri isi kotak dan jika sudah pindah kotak lain akan terdengar bunyi sebagai tanda. Tersedia pula fitur-fitur lain yang cukup unik, seperti flexible web (konfigurasi untuk menghilangkan obyek yang tidak penting saat browsing), convinient OCR (mengubah tampilan gambar atau PDF menjadi teks), dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DESNDESTY Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea