Selasa, 27 November 2012

Resume Kelompok 1 (TEORI ORGANISASI)

Diposting oleh desty anjar di Selasa, November 27, 2012

A.    Pengertian
Organisasi adalah sekumpulan individu yang memiliki visi dan misi yang sama berkumpul dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut  Herbert G. Hicks dua alasan mengapa seseorang memilih untuk berorganisasi adalah:
1.      Alasan Sosial (Social Reason)
Manusia akan merasa penting untuk berorganisasi demi menjaga pergaulannya araupun memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai makhluk hidup yang hidup secara berkelompok.
2.      Alasan Materi (Material Reason)
Alasan ini berhubungan dengan bagaimana manusia mendapatkan suatu kemudahan yang tidak mungkin dilakukan sendiri, yaitu:
a.       Dapat memperbesar kemampuan
b.      Dapat menghemat waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan tertentu
c.       Dapat menarik manfaat dari pengetahuan generasi – generasi sebelumnya.
B.     Tujuan Organisasi
Tujuan organisasi merupakan suatu harapan yang diinginkan dalam sebuah organisasi sesuai dengan misi dan visi pada organisasi tersebut sehingga terwujudlah kesejahteraan untuk para anggotanya.
C.     Prinsip Dalam Organisasi
Berdirinya sebuah organisasi tentunya harus memiliki sebuah prinsip sebagai tolak ukur dalam menjalannkan tugas untuk mencapai tujuan tertentu, beberapa prinsip organisasi antara lain:
1.      Organisasi harus memiliki tujuan yang jelas, tujuan disini bersumber dari visi dan misi awal dibentuknya organisasi tersebut.
2.      Sebuah organisasi harus memiliki sistem kepemimpinan, ini dimaksudkan agar organisasi meiliki koordinasi dalam mencapai tujuan serta cara kerja untuk mencapai tujuan tertentu.
3.      Dalam sebuah organisasi harus ada pembagian tugas, ini penting karena agar masing – masing anggota tidak saling berebut tanggung jawab.
4.      Sebuah organisasi harus didasari rasa tanggung jawab, tidak hanya seorang pemimpin melainkan seluruh anggoapun memiliki tanggung jawab yang sama atas tugas yang diberikan kepadanya.
D.    Contoh Organisasi
BusMania Community
Disini para pengguna jasa bus umum yang setiap harinya menggunakan bus sebagai alat transportasinya mulai berpikir untuk membentuk suatu kelompok yang tujuannya untuk menjalin silahturahmi antar pecinta bus dan para pengguna bus. Agar mempermudah dan memperjelas adanya komunitas ini maka dibentuklah keanggotaan serta berbagai acara guna menjalin silahturahmi dan mengkampanyekan agar warga Ibu Kota beralih menggunakan bus umum untuk mengurangi kemacetan. Dari visi dan misi serta tujuan diatas tentu saja BMC ini sudah bisa dikatakan sebagai organisasi.
E.     Peranan Organisasi
Suatu organisasi memiliki beberapa arti penting bagi anggotanya karena organisasi dapat membantu para angootanya untuk lebih aktif dalam menjalani kehidupan. Organisasi juga dapat Sebago alat pendukung proses sosialisasi yang berjalan di lingkungan masyrakat. Yang paling utama organisasi merupaka wadag aspirasi dari sekelompok individu yang berbeda tetapi memiliki tujuan yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar

 

DESNDESTY Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea