Rabu, 07 November 2012

Wanita Dan Rokok, Gaya Hidup atau Kebutuhan?

Diposting oleh desty anjar di Rabu, November 07, 2012

Mungkin dari beberapa wanita di Indonesia aku adalah salah satu orang yang amat sangat membenci rokok dan asapnya, entah mengapa yang ada dipikiranku saat aku melihat seseorang yang merokok aku selalu beranggapan negative tentang dirinya. Terlebih jika aku melihat wanita muda, cantik dan berpendidikan merokok, tak habis pikir apa yang mereka cari dari sebatang rokok yang seketika dapat menimbulkan ribuan resiko terhadap kesehatan dan kordatnya sebagai wanita.

Badan kesehatan dunia (WHO) mengeluarkan liris Bulan Mei yang lalu dan mengatakan jumlah perokok wanita semakin meningkat, terjadi peningkatan 4X lipat setiap tahunnya. Bahkan di Jakarta sendiri perkembangan wanita yang merokok 5X lebih cepat dibandingkan pria. Menurut hasil survey dari 3 juta jumlah perokok, 240 ribunya adalah wanita. Padahal yang kita ketahui banyak dampak negative yang akan dialami wanita perokok tersebut, misalnya bagi remaja, bisa menimbulkan menopause dini, gangguan kehamilan fatalnya dapat memicu kemandulan, keputihan dan sebagainya. Resiko wanita yang merokok 50% lebih mudah terserang gangguan jantung dibandingkan pria. Dari berbgai penelitan menunjukkan wanita perokok lebih beresiko dibandingkan pria yang merokok.

Dalam 1 batang rokok menurut Majalah Tempo, mengandung 4000 racun dan 10 diantaranya merupakan zat penyebab kanker, dan nikotin yang menyebabkan kecanduan. Banyak berita yang menginformasikan tentang dampak negative akibat kebiasaan merokok, diantaranya batuk kering, kanker paru – paru, kanker mulut bahkan pada wanita rokok dapat menyebabkan kemandulan. Setiap kali rokok dinyalakan dan kita hisap maka denyut jantung bertambah, sehingga kemampuan jantung membawa oksigen berkurang. HDL akan menurun dan menyebabkan penggumpalan sel darah. Beberapa wanita perokok seringkali tidak mau berhenti merokok dengan alas an takut gemuk karena mengemil, sebagai pengganti dipilihlah rokok agar berat badan tidak bertambah. Namun, mereka tidak menyadari resiko dibalik rokok.



Semua perokok baik pria maupun wanita tentu mereka mengetahui dampak negative dari rokok yang mereka hisap, bahkan disetiap bungkus rokok perusahaan rokok sudah menulis sedikit dampak dari rokok yang mereka produksi. Tetapi mengapa orang – orang tersebut masih saja merokok? Itu semua kembali kepada masing – masing individu. Para wanita perokok sudah memilih rokok sebagai gaya hidup mereka dengan segala bahaya dan resiko yang akan mereka tanggung nantinya.


Tapi buat yang belum sempat terjun merokok, sebelum kamu ikut – ikutan merokok, baca nih sedikit hal tentang rokok dan wanita. Menurut situs http://oketips.com/6222/bahaya-merokok-5-efek-negatif-merokok-pada-wanita/ kita bisa mengetahui dampak rokok bagi wanita, diantaranya:
  1. Merokok dapat menyebabkan perubahan nada suara dan peningkatan bulu tubuh, selain itu menopause akan datang lebih awal 1 – 2 tahun dari wanita yang tidak merokok
  2. Tembakau juga dapat menyebabkan keriput pada wajah timbul sebelum waktunya
  3. Menggabungkan alat kontrasepsi dengan rokok dapat menimbulkan bahaya kesehatan yang serius, terutama pada wanita berusia diatas 35 tahun
  4. Merokok dapat menurunkan kesuburan wanita hingga 50% dan akan menghasilkan ASI 25% lebih sedikit dibandingkan wanita yang tidak merokok
  5. Wanita perokok biasanya memiliki berat badan lebih rendag dibandingkan wanita yang tidak merokok, ini disebabkan nikotin dalam rokok memperlamat penyimpan lemak.

Jadi bagaimana, masih mau hidup dengan rokok yang memberikan dampak buruk dikemudian hari ?

0 komentar:

Posting Komentar

 

DESNDESTY Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea